Tips Bergairah Hidup, Jangan menunda Waktu Tidur saat Malam (2)

Tampaknya cukup tidur dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik. Apakah itu juga meningkatkan kesehatan mental?

Pasti bisa merasakannya. Bangun dengan istirahat yang baik biasanya berarti memiliki kepala yang jernih. Kami merasa baik dan bisa memperhatikan dengan lebih baik. Terlalu sedikit tidur dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi. Orang-orang dapat merasa cemas dan stres ketika mereka belum tidur nyenyak.

Para peneliti tahu bahwa cukup tidur umumnya bermanfaat. Tetapi lebih banyak tidur tidak selalu lebih baik, kata Andrew Fuligni, seorang psikolog di University of California, Los Angeles.

Terlalu banyak tidur (lebih dari 11 jam malam) dapat menjadi pertanda kesehatan mental yang buruk, katanya. Ini juga dapat dikaitkan dengan nilai yang buruk.

Fuligni ingin tahu berapa banyak tidur yang “pas” untuk kesehatan mental dan pembelajaran. Untuk mengetahuinya, ia bekerja sama dengan dua peneliti UCLA lainnya dan Nancy Gonzales. Dia adalah seorang psikolog di Arizona State University di Tempe. Untuk studi 2017 mereka, tim bekerja dengan 421 anak-anak Meksiko-Amerika di kelas sembilan dan sepuluh.

Setiap malam selama periode dua minggu, para siswa mengisi daftar periksa buku harian. Mereka mencatat berapa banyak tidur yang mereka dapatkan. Mereka juga mencatat bagaimana perasaan mereka secara keseluruhan. Pada akhir tahun ajaran, para peneliti mendapatkan nilai setiap siswa dan nilai tes standar. Mereka menggunakan nilai untuk menghitung rata-rata poin nilai setiap siswa, atau IPK. Dan mereka mengulangi penelitian satu tahun kemudian dengan 341 siswa yang memilih untuk melakukannya untuk kedua kalinya.

Mereka menemukan siswa dengan IPK terbaik tidur 7,5 jam setiap malam. Tetapi siswa merasakan yang terbaik ketika mereka rata-rata tidur 8,75 jam per malam. Anak-anak ini memiliki paling sedikit stres dan kecemasan. Mereka juga merasa cukup baik tentang diri mereka sendiri. Remaja memiliki kesehatan mental yang buruk jika mereka kurang tidur daripada ini - atau lebih. "Anak-anak berprestasi berkorban dalam tidur," kata Fuligni.

Untuk mendapatkan IPK tinggi itu, banyak yang berhemat saat tidur. Namun, ia menambahkan waktu tidur yang hilang itu mungkin terkait dengan sedikit peningkatan IPK. Namun, ia mencatat, itu bisa merugikan kesehatan mental.

Total jam tidur bukan satu-satunya hal yang memengaruhi perasaan para remaja ini. Beberapa peserta studi tidur sangat larut malam di akhir pekan untuk menebus tidur yang hilang. Para remaja ini sebenarnya lebih menderita. Mereka memiliki kesehatan mental yang lebih buruk daripada remaja yang secara konsisten tidur dalam jumlah yang sama sepanjang minggu.

Mengejar Zzzz

Ketika orang tidak cukup tidur di malam hari, mereka mungkin berakhir tidur siang hari. Ini tidak selalu sehat, kata Karen Jakubowski, seorang psikolog di University of Pittsburgh di Pennsylvania.
Jakubowski menggunakan data dari 236 siswa sekolah menengah untuk studi 2017. Dia menambang data itu dari studi sebelumnya. Remaja telah mengisi buku harian tidur setiap pagi dan sore selama satu minggu selama tahun sekolah. Mereka juga mengenakan jam tangan khusus yang mengukur aktivitas mereka. Ini "actigraphs

Penelitian sebelumnya mengamati tidur dan kesehatan. Sebaliknya, Jakubowski mencari tautan antara tidur malam dan tidur siang. Para remaja rata-rata hanya 6,5 ​​jam tidur setiap malam. Mereka yang kurang tidur lebih cenderung tidur siang pada hari berikutnya.

Sebanyak 89 persen remaja tidur siang setidaknya sekali selama seminggu, biasanya pada hari-hari sekolah. Tidur siang itu berlangsung dari 60 hingga hampir 180 menit. Kurang tidur di malam hari menyebabkan tidur siang lebih lama.

Tetapi apakah tidur siang membantu remaja cukup tidur secara keseluruhan? Tidak juga, kata Jakubowski. Setelah tidur siang, timnya menemukan, remaja pergi tidur kemudian dan kurang tidur malam itu. Itu membuat mereka semakin lelah di hari berikutnya. "Tampaknya ada siklus tidur yang buruk di malam hari dan tidur siang," katanya.

Itu bukan untuk mengatakan bahwa tidur siang tidak bisa membantu. Tidur siang singkat telah ditunjukkan untuk meningkatkan daya ingat dan perhatian pada orang dewasa. "Durasi tidur sianglah yang paling penting," Jakubowski menyimpulkan. Tidur siang yang membantu itu cepat (biasanya kurang dari 30 menit).

Studi serupa belum pernah dilakukan pada remaja. Tetapi Jakubowski mencurigai bahwa ketika mereka benar-benar membutuhkannya, para siswa mungkin akan terbantu juga, dengan tidur sebentar di sini atau di sana.

Jakubowski mengatakan remaja mengalami perubahan biologis dalam ritme tidur mereka. Perubahan hormon pubertas secara alami membuat remaja merasa lelah nanti. Dan SMS dan media sosial lainnya dapat membuat mereka terjaga hingga larut malam.

Namun mereka masih harus bangun pagi untuk sekolah. Tidur siang singkat mungkin membantu remaja menjalani hari. Ini adalah perbaikan jangka pendek untuk seseorang yang tidak bisa tidur nyenyak, katanya. Namun, ia memperingatkan, "Dalam jangka panjang, pola tidur siang yang sering bisa menghalangi tidur nyenyak di malam hari."

Daripada mengandalkan tidur siang, dia mengatakan orang (dan harus) mencoba meningkatkan tidur malam mereka. Jakubowski merekomendasikan untuk beristirahat selama 30 hingga 60 menit sebelum tidur. Selama waktu itu, "Letakkan telepon Anda dan hindari cahaya biru dari komputer," katanya dikutip dari dikutip dari scienenews for student.

Lakukan kegiatan santai yang akan membantu otak dan tubuh Anda bersiap untuk tidur. Dan jangan menyimpan ponsel Anda di malam hari. Notifikasi dapat membangunkan Anda.

Yang paling penting, kata Fuligni, adalah tetap pada jadwal tidur yang stabil. "Tubuh sangat terbiasa dengan kebiasaan," katanya. Ketika orang terbiasa tidur pada waktu yang sama setiap malam, mereka tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak. Pada akhirnya, tubuh dan pikiran Anda dapat menuai banyak keuntungan.

Tags :

bm
Created by: Kakikukram

Post a comment