Tips Bergairah Hidup, Jangan menunda Waktu Tidur saat Malam (1)

Studi menunjukkan bahwa kebiasaan tidur yang baik dapat meningkatkan mood dan IPK serta membatasi kenaikan berat badan.

Jika menguap hari ini, Anda tidak sendirian. Baik remaja dan orang dewasa berjuang untuk mendapatkan tidur yang cukup. Sebagian besar karena kita menjalani kehidupan yang sibuk: Sekolah, pekerjaan rumah, kegiatan setelah sekolah, pekerjaan dan bergaul dengan teman-teman.

Semua  itu bersaing untuk waktu kita. Kita akhirnya begadang atau bangun lebih awal hanya supaya bisa sedikit lebih banyak memasuki hari-hari kita yang sudah penuh sesak. Tetapi tidur sangat penting dalam banyak hal.

Memang, ketika kita berhemat saat tidur, tubuh dan pikiran kita menderita. Misalnya, saat tidur, tubuh Anda melepaskan hormon yang membantu memperbaiki sel yang rusak. Hormon lain mengubah cara tubuh Anda menggunakan energi dalam makanan.

Sistem kekebalan Anda menggunakan tidur sebagai waktu untuk meningkatkan perlawanannya terhadap infeksi atau bagaimana responsnya terhadap vaksin baru-baru ini. Otak memproses apa yang Anda pelajari di siang hari, membantu menciptakan kenangan dan pengetahuan yang langgeng. Dan perubahan tekanan darah serta pola pernapasan saat tidur dapat membantu menjaga jantung tetap kuat.

Tidak heran kita merasa sangat baik ketika kita cukup istirahat.

Para ilmuwan masih bekerja untuk memahami semua cara tidur yang membuat kita tetap sehat. Mereka telah menemukan bahwa remaja yang tidur lebih banyak cenderung makan makanan yang lebih baik dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Tidur yang cukup dikaitkan dengan nilai dan kesehatan mental yang lebih baik. Namun data baru menunjukkan bahwa tidur siang (meskipun menggoda) mungkin bukan cara terbaik untuk menebus waktu tidur yang hilang saat malam.

Lebih awal tidur, bangun pagi

Para peneliti telah mengetahui selama bertahun-tahun bahwa orang yang tidur lebih banyak cenderung lebih sedikit berat badannya. Orang-orang itu juga cenderung makan lebih sehat dan lebih aktif.

Apakah berarti tidur itu sendiri membuat orang tidak bertambah gemuk? Atau apakah tidur hanya satu kebiasaan baik dari orang-orang dengan gaya hidup sehat?

Kembali pada 2013, Carol Maher adalah bagian dari tim di University of South Australia di Adelaide yang memutuskan untuk menyelidiki hal ini. Maher adalah pakar pola tidur dan aktivitas.

Kelompoknya merekrut 2.200 siswa berusia antara 9 dan 16 untuk melaporkan semua kegiatan mereka selama empat hari. Mereka juga login ketika mereka pergi tidur, ketika mereka bangun dan apa yang mereka makan dan minum.

Para ilmuwan menggunakan laporan makanan untuk menghitung berapa banyak kalori yang dimakan setiap orang. Tim juga mengukur tinggi dan berat badan semua orang. Ini digunakan untuk menghitung indeks massa tubuh setiap BMI, atau BMI. BMI adalah salah satu alat yang digunakan para ilmuwan untuk menilai apakah seseorang kekurangan atau kelebihan berat badan.

Tim Maher menemukan kebiasaan tidur jatuh ke dalam empat kelompok berbeda. Beberapa anak pergi tidur lebih awal dan bangun pagi. Beberapa tidur lebih awal dan bangun terlambat; mereka tidur paling nyenyak. Kelompok ketiga pergi tidur terlambat dan bangun pagi. Mereka setidaknya tidur. Kelompok terakhir tidur larut malam dan bangun terlambat.

Anak-anak yang tidur paling sedikit memiliki BMI lebih tinggi daripada mereka yang berada di kelompok lain. Dan mereka yang paling banyak tidur memiliki IMT terendah, artinya mereka cenderung lebih ramping. Temuan ini cocok dengan yang dari penelitian lain - bahwa orang yang lebih banyak tidur cenderung memiliki berat badan lebih sedikit.

Ini masih tidak menunjukkan bahwa perbedaan tidur menyebabkan perbedaan berat badan. Tetapi dalam penelitian ini, tim peneliti menemukan satu hasil yang lebih aneh. Dua kelompok yang tidur dalam jumlah sedang setiap malam mengkonsumsi jumlah kalori yang sama. Namun mereka yang terlambat tidur memiliki IMT yang jauh lebih tinggi. Apa yang mungkin menjelaskan hal itu?

Mungkin itu berasal dari ngemil tengah malam, pikir Maher. Siswa yang tidur larut malam, katanya, makan lebih banyak makanan yang rendah nutrisi dan tinggi lemak, gula, dan garam. Meskipun makanan yang mereka makan menambah jumlah kalori yang sama dengan anak-anak yang tidur lebih awal, jenis dan waktu dari kalori tersebut mungkin telah membuat perbedaan.

Remaja yang begadang juga cenderung kurang aktif. Dalam sebuah studi terkait, "kami menemukan bahwa peserta yang tidur larut mendapat hampir satu jam waktu layar tambahan per hari," kata Maher dikutip dari scienenews for student.

Secara keseluruhan, kurang tidur dapat menyebabkan orang mengambil lebih banyak energi dan membakar lebih sedikit, kata Yaqoot Fatima, salah seorang peneliti.

Ini kemungkinan terjadi karena perubahan hormon, katanya. Dua hormon, khususnya, membantu mengendalikan keinginan kita untuk makan.

Fatima adalah ahli epidemiologi di James Cook University di Mount Isa, Australia. Dia juga mempelajari hubungan antara tidur dan berat badan.

Ia menjelaskan Leptin membuat kita merasa kenyang dan mengurangi berapa banyak yang kita makann. Hormon kedua, ghrelin (GREH-lin), membuat kita ingin makan. "Secara keseluruhan, kurang tidur menyebabkan perubahan kadar hormon ini. Itu, pada gilirannya, mempengaruhi keseimbangan energi. . . dan menyebabkan peningkatan berat badan," katanya.

Elizabeth Cespedes Feliciano di Kaiser Permanente di Oakland, California, memimpin sebuah studi baru yang mendukung ini. Timnya menemukan bahwa gadis remaja yang lebih suka tidur larut malam berisiko lebih tinggi untuk mendapatkan lemak tubuh. Anak perempuan yang jadwal tidurnya bergeser di akhir pekan juga berisiko lebih tinggi mengalami obesitas.

Kedua hal itu berjalan seiring. Gadis-gadis yang lebih suka tidur larut malam melakukannya pada akhir pekan. Namun, pada hari-hari sekolah, mereka harus menggeser jam tubuh mereka untuk menyesuaikan waktu bangun sekolah. (Anak laki-laki, yang menarik, tidak menunjukkan hubungan yang sama antara waktu tidur dan berat badan.) Kelompok Feliciano menggambarkan temuannya 16 September di JAMA Pediatrics.

Kegemukan dan obesitas terkait dengan semua jenis masalah kesehatan. Orang yang kelebihan berat badan berisiko terkena diabetes tipe 2, alergi, tekanan darah tinggi (dan penyakit jantung), stroke, kanker, dan banyak lagi. Tidur nyenyak di malam hari - dan tidur lebih awal - dapat membantu mencegah banyak masalah kesehatan seperti itu.

Tags :

bm
Created by: Kakikukram

Post a comment