Memakai Pelacak Kebugaran dalam Olahraga, Efektifkah?

net
Udheng.com - Menggunakan perangkat teknologi atau aplikasi dalam olahraga telah menjadi hal yang baru. Saat kita berada di gymn atau sedang berjalan-jalan di taman, yang terlihat kebanyakan orang yang berolahraga memakai sabuk pengaman yang dikenakan di pergelangan tangnnya atau telepon yang diikatkan pada lengannya.

Jumlah perangkat yang dipakai dan terhubung di seluruh dunia untuk tahun ini setidaknya ada 74 juta dah diperkirakan meningkat menjadi lebih 1 miliar pada 2022 mendatang. Perangkat yang digunakan untuk berolahraga ini seperti Fitbit Inspire HR, hingga Forerunner range Garmin.

Adapula Apple Watch, yang cenderung memiliki penghitungan langkah, pembakaran kalori, dan pelacakan olahraga yang cocok. Ini berarti data tentang tubuh kita seringkali hanya berjarak beberapa sapuan saja aplikasi saja untuk mengetahuinya.

Namun, ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa perangkat yang dipakai mungkin tidak membantu semua orang menjadi lebih sehat atau bugar. Sebagai gantinya, beberapa penelitian menunjukkan perangkat atau aplikasi itu bisa menghilangkan kesenangan dari kebugaran, menjadi tidak berguna setelah enam bulan atau menghambat penurunan berat badan jangka panjang.

Terlebih lagi, beberapa penelitian baru juga diketahui bahwa dengan memiliki akses cepat ke data tentang kesehatan di ujung jari Anda, dapat menyebabkan kecemasan dan memicu atau memperburuk gangguan makan dan olahraga pada beberapa orang.

Mengingat terus meningkatnya teknologi yang dapat dipakai, dan fakta bahwa perangkat yang berfokus pada kesehatan diperkenalkan di pusat kebugaran, program 'kebugaran' perusahaan, dan dipasarkan pada anak-anak dan remaja, penting bagi kita untuk lebih memahami bagaimana aktivitas, pelacakan makanan dan berat dapat menimbulkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan.

Dari laman Udheng, Dr Carolyn Plateau, dosen psikologi di Universitas Loughborough, yang telah mempelajari efek yang dimiliki pelacak kebugaran, serta aplikasi yang berfokus pada kesehatan, terhadap pengguna mengungkapkan peneletian terbarunya.

“Temuan kami menarik karena menunjukkan bahwa mereka yang melacak aktivitas atau asupan makanan, menunjukkan tingkat yang lebih baik dari gangguan makan dan olahraga daripada mereka yang tidak,” kata Dr. Plateau dikutip di TechRadar.

Kemudian, Amanda Perl, seorang psikoterapis dan anggota Direktori Konseling yang berspesialisasi dalam bekerja dengan pasien dengan gangguan makan, mengatakan, melakukan penghitungan kalori, diet ketat, dan olahraga berlebihan adalah gejala gangguan makan. "Perangkat pelacakan dapat memperburuk gejala-gejala ini karena mereka terpaku pada semua hal itu,” kata Perl.

Perl menjelaskan pelacak dapat meningkatkan perasaan gagal, membenci diri sendiri dan merasa di luar kendali.

Bahkan pengguna yang mungkin tidak menunjukkan perilaku makan yang tidak teratur dapat berisiko menetapkan standar yang sangat tinggi untuk diri mereka sendiri. "Aplikasi dan perangkat dapat mengambil alih dan mempromosikan perfeksionisme. Ilusi yang tidak dapat dicapai yang mempromosikan perasaan kerentanan hingga depresi,” katanya.

Meskipun peserta studi Plateau yang melacak aktivitas dan asupan makanan mereka menunjukkan tingkat gangguan makan yang lebih tinggi, dia menjelaskan kita tidak dapat menyimpulkan sebab dan akibat dan mengatakan dengan pasti bahwa pelacak menyebabkan gangguan makan (penelitian lebih lanjut perlu dilakukan lebih lama periode waktu).

“Mungkin saja peserta dengan kecenderungan makan yang tidak teratur dan kecenderungan berolahraga lebih mungkin ingin melacak makanan dan kebugaran mereka,” katanya.

Namun, hasil menunjukkan bahwa pelacakan dengan perangkat yang dapat dipakai dan aplikasi yang berfokus pada kesehatan dapat memperburuk atau mempertahankan perilaku makan yang tidak teratur.

"Mungkin saja pemantauan aktivitas dan asupan makanan dapat secara tidak sengaja mendorong atau memvalidasi beberapa fitur dari gangguan makan dan olahraga di antara mereka yang rentan.

Mungkin juga bahwa ini dapat berkontribusi terhadap kecenderungan perfeksionis obsesif dan sangat kritis diri yang kita lihat pada individu dengan masalah makan terkait,” jelas Plateau.

Tetapi Plateau menekankan bahwa ada banyak faktor yang terlibat dalam menentukan kerentanan seseorang terhadap gangguan makan, serta kemungkinan bahwa perilaku dapat berubah menjadi gangguan makan yang menyeluruh.

Tanyakan pada diri sendiri: mengapa saya perlu menggunakan pelacak kebugaran?

Untuk setiap orang yang menggunakan teknologi yang berfokus pada kesehatan dapat memperburuk gangguan makan, orang lain mungkin menggunakan aplikasi atau perangkat yang sama persis untuk menetapkan dan mencapai tujuan dengan cara yang sehat.

“Banyak literatur perubahan perilaku memberi tahu kita bahwa pemantauan diri adalah cara yang efektif untuk mencapai perubahan perilaku, dan kebanyakan orang akan menemukan alat pelacak yang bermanfaat,” jelas Dr. Plateau.

Sulit untuk memprediksi pengalaman seperti apa yang akan dialami seseorang dengan alat pelacak, itulah sebabnya Dr Plateau menyarankan setiap orang yang memilikinya harus intropeksi sendiri tentang bagaimana tujuan yang mereka tetapkan dengan perangkat yang dapat dikenakan.

“Jika seseorang merasa sangat cemas tentang umpan balik yang diberikan pelacak kebugaran, atau mendapati diri mereka terus-menerus harus mencapai target yang spesifik dan meningkat (misalnya, jumlah langkah, kalori yang terbakar) maka itu mungkin menunjukkan mungkin masuk akal untuk berhenti menggunakan perangkat, setidaknya untuk sementara, "jelasnya.

Tags :

bm
Created by: Kakikukram

Post a comment