Tips Sehat untuk Lansia: Menjaga Fisik, Mental, dan Sosial

Tertarik membuat perubahan gaya hidup sederhana dapat meningkatkan kesehatan Anda secara besar-besaran?

Jessica Chen, MD dari ChenMed, seorang spesialis penyakit dalam yang berfokus pada manula, membagikan beberapa hal mudah dan dapat dilakukan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan seluruh kesehatan Anda yakni berfokus pada tubuh, pikiran, dan jiwa.

Fisik
"Mulai sedikit dan mulai perlahan," kata Dr. Chen. Anda tidak harus berlari maraton atau bahkan berjalan satu mil pun untuk memberi dampak pada kesehatan fisik Anda. Berjalanlah satu blok setiap hari atau parkirlah sedikit lebih jauh dari pintu masuk toko bahan makanan daripada yang biasa Anda lakukan. Tetapkan tujuan kecil dan perlahan-lahan tingkatkan dari waktu ke waktu.

Perlu sedikit bantuan untuk memulai? Ajak teman latihan. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga dengan seorang teman membuatnya lebih mudah untuk bangun dan bergerak, dan terasa lebih menyenangkan.

Jika Anda tinggal di iklim yang lebih dingin atau hanya ingin berolahraga di dalam ruangan, Anda punya pilihan.

"Banyak rencana Medicare Advantage sekarang menawarkan program kebugaran," kata Dr. Chen.

Program kebugaran ini dapat menawarkan akses ke gym dan kelas olahraga di seluruh negeri. Itu semua tergantung pada rencana yang Anda pilih. Memiliki manfaat kebugaran sebagai bagian dari rencana kesehatan Anda dapat menghemat uang Anda.

Apakah Anda memiliki kondisi kronis? Jangan dipikirkan.

"Bahkan sedikit berolahraga dapat benar-benar mengurangi risiko radang sendi, diabetes, dan tekanan darah," kata Dr. Chen. Anda harus selalu berbicara dengan dokter Anda sebelum berolahraga untuk melihat apa yang tepat untuk Anda.

Mainkan game untuk merawat otak Anda
Melatih pikiran Anda dapat membantu memperlambat kemajuan masalah memori. Dr. Chen merekomendasikan teka-teki silang atau Sudoku. Membaca atau permainan sederhana meningkatkan aktivitas otak Anda, yang bisa efektif dalam menjaga pikiran Anda tetap tajam. Pertimbangkan mengambil kelas dalam sesuatu yang selalu ingin Anda pelajari, seperti melukis, fotografi, atau berkebun, untuk menantang otak Anda. Anda akan bertemu orang baru, yang merupakan bonus tambahan untuk kesehatan sosial Anda.

Mengobrollah dengan teman dan orang yang dicintai
Tahukah Anda bahwa depresi dan penyakit jantung berjalan beriringan? Di situlah kesehatan sosial Anda masuk. Meskipun sering diabaikan, kesehatan sosial Anda berkembang ketika Anda berada di sekitar teman dan keluarga. Entah itu menelepon teman SMA Anda atau berkebun bersama cucu-cucu Anda, pastikan untuk keluar ke sana dan mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif.

Dr. Chen merekomendasikan untuk terlibat dalam organisasi berbasis agama atau menjadi relawan di pusat komunitas. "Temukan sesuatu yang membuatmu bersemangat. Jika Anda dapat terhubung dengan kelompok sosial atau memiliki dukungan keluarga yang kuat, itu akan membuat perbedaan besar,” katanya.

Menghubungkan seluruh diri Anda
Kesehatan fisik, mental, dan sosial semuanya terhubung. Mereka adalah bagian penting yang membentuk keseluruhan dirimu. Tidak mudah membuat perubahan gaya hidup. Butuh banyak upaya dan gagal, tetapi jangan menyerah.

Jadi bagaimana Anda menemukan motivasi itu? Temukan alasan untuk meningkatkan kesehatan Anda, dan lakukanlah.

Apakah itu mengawasi cucu Anda lulus, kehilangan lima pound ekstra, atau meningkatkan keseimbangan untuk membantu mencegah agar tidak jatuh, Dr. Chen mengatakan menemukan alasan Anda adalah kunci kesuksesan.


Tags :

bm
Created by: Kakikukram

Post a comment